Cara Mendapatkan dan Aktivasi EFIN Wajib Pajak Pribadi

Cara Aktivasi EFIN

Mungkin kamu ingin tahu apakah bisa cara aktivasi EFIN secara online? artikel ini akan memberikan informasi sejelas-jelasnya tentang EFIN ini.

Apa sih EFIN itu? 
EFIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identifikasi pengarsipan elektronik dengan nomor identitas 10 digit yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk wajib pajak perorangan.

Kode EFIN digunakan sebagai identifikasi untuk setiap wajib pajak saat melakukan transaksi elektronik, seperti laporan SPT dengan DJP. Dengan adanya EFIN ini menjadi persyaratan wajib untuk pengoptimalan identifikasi, baik di situs web DJP Online atau situs dengan fitur efiling pajak gratis seperti Online-Pajak.com.

Dengan EFIN juga, pembayar pajak dapat menginformasikan SPT tahunan (pemberitahuan online) melalui Internet dengan cara aman karena dienkripsi, sehingga kerahasiaan data dijamin.

1. Unduh dan lengkapi formulir e-FIN
Unduh dan lengkapi formulir aktivasi pajak EFIN di bawah ini. Kosongkan kolom EFIN terlebih dahulu, petugas KPP akan menyelesaikannya.


2. Kirimkan formulir e-FIN dan dokumen yang diperlukan ke KPP terdekat
Permintaan untuk aktivasi EFIN ke KPP tidak dapat diwakili oleh orang lain. Sementara untuk karyawan perusahaan, mereka dapat mengajukan permohonan EFIN secara kolektif. Berikut ini adalah persyaratan dan dokumen yang harus Kamu bawa ke KPP atau KP2KP terdekat (Kantor Layanan Ekstensi dan Konsultasi Pajak) :
  1. Formulir Aktivasi Pajak Activated EFIN
  2. Alamat email aktif
  3. Fotokopi dan KTP asli untuk warga negara atau KITAS / KITAP untuk orang asing
  4. Fotokopi dan NPWP asli
  5. Setelah mendapatkan e-FIN, jagalah kerahasiannya secara pribadi untuk menghindari penggunaan oleh orang lain.

Presentasi bersama e-FIN: untuk karyawan yang ingin mengajukan EFIN secara kolektif, ini adalah persyaratannya:
  1. Karyawan yang meminta pajak EFIN harus lebih dari 20 orang.
  2. Nama-nama karyawan tercantum dalam laporan SPT PPh 21.
  3. Perusahaan yang mengirimkan harus menyediakan tempat dan peralatan yang diperlukan untuk mengaktifkan pajak EFIN.
  4. Karyawan yang meminta aktivasi pajak EFIN harus hadir pada saat aktivasi EFIN.

3. Cara Aktifkan e-FIN
Setelah mendapatkan EFIN pajak dari petugas KPP, Kamu harus mengaktifkan situs web DJP: https://djponline.pajak.go.id/resendlink

Kemudian, Kamu akan menerima email konfirmasi dengan kata sandi sementara. Klik pada tautan dan ganti dengan kata sandi Kamu.

4. Cara e-Filling SPT Tahunan  Orang Pribadi di situs Online-Pajak.comCara e-Filling SPT Tahunan  Orang Pribadi di situs Online-Pajak.com
Selanjutnya, buat akun untuk menerbitkan SPT Tahunan Pribadi Kamu dan daftarkan EFIN Kamu di web Online-Pajak.com, dan ikuti cara mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan berikut.
Online-Pajak.com adalah aplikasi pajak resmi mitra dan telah disahkan oleh DJP dalam surat keputusannya n. 193 / PJ / 2015. Banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan dengan e-filing di OnlinePajak.

Kesimpulan :
  • Untuk membuat pengajuan elektronik, wajib pajak harus memiliki e-FIN terlebih dahulu.
  • e-FIN adalah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk wajib pajak dalam rangka melakukan transaksi secara online.
  • Presentasi aktivasi e-FIN harus dilakukan oleh wajib pajak yang bersangkutan.
  • Pembuatan atau aktivasi EFIN hanya bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dan di KPP terdaftar untuk WP Badan.
  • EFIN tidak dapat dibuat/diaktivasi secara online dikarenakan untuk memastikan keamanan data wajib pajak.
  • Sesuai PER-41/PJ/2015 permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain.
  • Sesuai PER-41/2015 pengajuan EFIN dilakukan oleh yang bersangkutan secara langsung di KPP. Jika tidak bisa membuat EFIN, pelaporan SPT bisa dikirim melalui POS.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mendapatkan dan Aktivasi EFIN Wajib Pajak Pribadi"

Posting Komentar

Jangan Sungkan Untuk Berkomentar Ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel